SUNNAH-SUNNAH ISLAM YANG DILAKUKAN SETELAH AKAD

SUNNAH-SUNNAH ISLAM YANG DILAKUKAN SETELAH AKAD

  • Post category:Artikel

Berikut adalah sunah-sunnah yang bisa dilakukan setelah melakukan acara ijab kobul menurut syariat islam dan Rasulullah.

  • Meletakkan Tangan Diatas Kepala dan Mendo’akannya.

Seperti yang Rasulullah sabdakan: “Apabila salah seorang diantara kalian menikah atau membeli budak maka hendaknya ia mengucapkan; ALLAAHUMMA INNII AS`ALUKA KHAIRAHAA WA KHAIRA MAA JABALTAHAA ‘ALAIHI WA A’UUDZU BIKA MIN SYARRIHAA WA SYARRI MAA JABALTAHAA ‘ALAIH (Ya Allah, aku memohon kepadaMu kebaikannya dan kebaikan sesuatu yang Engkau ciptakan dia padanya, dan aku berlindung kepadaMu dari keburukannya dan keburukan sesuatu yang Engkau ciptakan dia padanya). (HR.Abu Daud 2160)

  • Mengajak Istri Shalat Dua Raka’at.

Seperti potongan hadits berikut: ”Aku menikah pada saat aku berstatus budak, lalu aku mengundang beberapa sahabat Nabi shalallahu a’laihi wa sallam diantaranya abdullah bin mas’ud, Abu Dzar dan Hudzaifah. Abu said melanjutkan, dia berkata:

Mereka lantas mengajariku dan berkata: Apabila istrimu datang kepadamu, shalatlah dua rakaa’at mintalah kepada Allah yang terbaik dari sesuatu yang masuk kepadamu dan berlindunglah kepada-Nya dari keburukannya, kemudian terserah kamu dan istrimu (HR.Ibnu abi syaibah di dalam Mushannaf 3/401), Abdurrazzak di dalam Mushannaf dengan sanad yang shahih, lihat juga Adabuz Zifaf oleh Syaikh al albani).

  • Mengadakan Walimahan

Acara yang dilakukan setelah melakukan ijab kobul adalah melakukan acara walimahan agar mendo’a akan pernikahan yang sudah terjadi dan melayani tamu yang datang. Seperti yang dilakukan Rasulullah pada dalil berikut:

Dari Anas radhiallahu‘anhu berkata;c“Ketika Abdurrahman bin ‘Auf tiba di Madinah, Nabi ﷺ mempersaudarakan dia dengan Sa’ad bin Ar Rabi’ Al Anshari, lalu Sa’ad menawarkan membagi dua diantara dua istri dan hartanya. Lantas Abdurrahman bin ‘Auf berkata; “Semoga Allah memberkahimu pada keluarga dan hartamu. Beritahukanlah pasarnya kepadaku.”Lalu dia berjualan dan mendapat keuntungan dari berdagang minyak samin dan keju. Setelah beberapa hari, Nabi ﷺ melihatnya dalam keadaan mengenakan baju dan wewangian. Maka Nabi ﷺ bertanya kepadanya: “Bagaimana keadaanmu, wahai ‘Abdurrahman?” Abdurrahman menjawab; “Aku telah menikah dengan seorang wanita Anshar.” Beliau bertanya lagi: “Berapa jumlah mahar yang kamu berikan padanya?” Abdurrahman menjawab; “Perhiasan seberat biji emas atau sebiji emas.” Lalu beliau bersabda: “Adakanlah walimah (resepsi) sekalipun hanya dengan seekor kambing.” ( HR.Bukhari 3937,Tirmizdi 1933 Nasai’3388)

  • Menyambut Malam Pertama

Hendaknya kedua pengantin, bersiap – siap menyambut malam pertama dengan mengetahui adab-adabnya dan membaca do’a serta sholat sunnah berdua dengan pasangan.

WUJUDKAN CINCIN IMPIANMU BERSAMA NAWWIS

Proses Cepat - Design Custom - Harga Terjangkau - Bahan Berkualitas

081-2367-8080

Bagikan Artikel ini

Leave a Reply