PERBEDAAN CINCIN TUNANGAN DAN CINCIN NIKAH

PERBEDAAN CINCIN TUNANGAN DAN CINCIN NIKAH

  • Post category:Artikel

Jika kamu dan pasangan melangkah kejenjang yang lebih serius dan akan melangsungkan tunangan, simak beberapa point berikut terkait perbedaan cincin tunangan dan cincin nikah:

  • Waktu pemberian cincin

Cincin tunangan biasa diberikan saat pria melamar atau menanyakan apakah sang wanita bersedia menjalin hubungan serius dengannya. Cincin tunangan ini tidak wajib karena tergantung kamu dan pasangan apakah ingin dan mampu, dengan tidak memberikan cincin pertunangan berarti kamu menghemat biaya tanpa harus mengurangi rasa hormat terhadap pihak perempuan.

Berbeda dengan cincin pernikahan yang lebih wajib daripada cincin pertunangan yang diberikan kepada kedua belah pihak pada hari pernikahan sebagai symbol bahwa pernikahan sah.

  • Jumlah cincin.

Dalam beberapa budaya memiliki beberapa perbedaan. Pada budya barat cincin tunangan diberikan oleh pihak pria saat pihak wanita menerima tunangan tersebut. Tetapi lain halnya dengan di Indonesia ada beberapa yang hanya memberikan kepada pihak wanita saja, ada juga yang saling memberikan atau dengan istilah tukar cincin.

Sedangkan cincin pernikahan biasanya berbentuk sepasang sebagai tanda status menikah dan kepemilikan satu sama lain.

  • Desain cincin

Walaupun tidak wajib, biasanya cincin pertunangan selalu ditandai dengan desain yang mewah dengan permata yang banyak maupun yang terletak di tengah cincin. Ukurannya bervariasi dari yang kecil hingga besar dan merupakan bukti kesungguhan hati pria saat melamar pasangan.

Untuk cincin pernikahan, umumnya bentuknya lebih simple tanpa hiasan yang berlebihan, longlast dan pas untuk penggunaan sehari-hari setelah menikah. Namun ada juga cincin pernikahan yang menggunakan permata walaupun tidak terlalu menonjol.

  • Posisi dan Penggunaan cincin.

Biasanya cincin tunangan digunakan pada jari yang berbeda dengan cincin kawin. Pada tradisi barat cincin tunangan digunakan di jari manis tangan kiri, sedangkan cincin nikah digunakan di jari manis tangan kanan.

Untuk mensiasati hal demikian, jika kamu dan pasangan ingin menggunakan cincin tunangan sekaligus untuk nikah sebaiknya belilah cincin dengan ukuran jari kanan. Karena lingkar jari kanan lebih besar disbanding lingkar jari kiri.

Disamping semua perbedaan tersebut, cincin hanya dilambangkan sebagai symbol pengikat antara kedua pasangan untuk berkomitmen, dengan demikian belilah cincin sesuai dengan kemampuan dan kesepakatan kalian berdua.

WUJUDKAN CINCIN IMPIANMU BERSAMA NAWWIS

Proses Cepat - Design Custom - Harga Terjangkau - Bahan Berkualitas

081-2367-8080

Bagikan Artikel ini

Leave a Reply