HAL-HAL YANG DISIAPKAN SEBELUM MEMUTUSKAN MENIKAH

HAL-HAL YANG DISIAPKAN SEBELUM MEMUTUSKAN MENIKAH

  • Post category:Artikel

Setiap pasangan yang menjalani hubungan tentunya ingin menuju ke tahap yang lebih serius lagi, yakni pernikahan. Pernikahan adalah salah satu momen sangat berarti dalam perjalanan hidup setiap manusia. Suatu momen penyatuan dua insan dalam satu jalinan suci yang disaksikan oleh keluarga serta saudara dekat dan yang pasti Tuhan Yang Maha Esa. Untuk memutuskan hal terpenting dalam hidup seperti menikah ini bukanlah hal mudah. Ditambah lagi dengan persipan-persipan pernikahan yang begitu kompleks karena melibatkan kedua belah pihak keluarga. Nah, sebelum memutuskan untuk menikah, simak hal-hal yang perlu kamu persiapkan di bawah ini :

  • Meluruskan Niat untuk Menikah

Sebelum memutuskan untuk menikah, kamu perlu memeriksa kembali niat untuk menikah. Jangan sampai menikah karena ikut-ikutan atau desakan usia yaa, menikahlah karena kamu siap. Kamu yang mengerti kesiapan dirimu dan pasanganmu. Karena sejatinya pernikahan bukan perlombaan. Memahami konsekuensi dan mengingat kembali tujuan untuk menikah. Jadi jangan terburu-buru mengambil keputusan menikah tanpa persiapan yang matang.

  • Kesiapan Mental

Mengingat bahwa kehidupan menjalani rumah tangga tidak selamanya mulus, maka kesiapan mental menjadi hal penting juga untuk kamu persiapakan. Karena kehidupan baru setelah pernikahan akan membawamu juga kepada hubungan dan peran baru, hal-hal atau masalah yang belum pernah kamu hadapi, dan rasa tanggungjawab akan menjadi proses belajar seumur hidup yangmana kamu dituntut untuk bisa menyelesaikan masalah tanpa membuat hubungan yang kamu ikrarkan selesai dan berakhir dengan perceraian.

  • Kesiapan Finansial

Jangan menganggap sepele masalah kesiapan finansial, apalagi dengan pedoman ada saja rejeki setelah menikah. Paling tidak kamu harus mempunyai pekerjaan tetap, agar ketika berumah tangga bisa mandiri dan tidak membebani orang tua. Rencanakan manajemen keuangan dengan baik, mulai dari persiapan pernikahan sampai untuk kehidupan setelah pernikahan. Lebih baik lagi untuk juga mempersiapkan tabungan dan investasi untuk masa depan. Agar kamu dan pasanganmu memiliki bekal setidaknya di finansial untuk melewati masa-masa sulit sekalipun.

  • Menyamakan Visi Misi Pernikahan

Hal lain yang perlu dibicarakan sebelum pernikahan yaitu dengan menyamakan visi misi pernikahan. Memahami komitmen yang telah dibuat untuk melangkah ke hubungan pernikahan. Kamu bisa jajak pendapat dengan pasanganmu mengenai apa saja prinsip dan harapan dalam kehidupan pernikahan. Misalnya rencana jangka panjang setelah pernikahan. Kemudian cita-cita dan harapan masing-masing dari kalian, karena perlu untuk mengetahui mimpi dan harapan pasangan kamu, agar bisa saling support untuk mengejar cita-cita bersama dan mewujudkan pernikahan yang kalian impikan.

  • Diskusikan Rencana Kehidupan Setelah Pernikahan

Merencanakan kehidupan setelah pernikahan juga merupakan hal penting untuk membangun rumah tangga. Misalnya :

  1. Setelah menikah memilih untuk tinggal dimana?, jika ingin tinggal mandiri, maka harus mempersiapkan dana untuk membangun, membeli atau menyewa rumah untuk tempat tinggal. Namun jika sementara memutuskan untuk tinggal dengan orang tua dikarenakan belum mempunyai rumah, pastikan tidak menambah beban orang tua.
  2. Kemudian Pembagian peran gender dalam keluarga juga perlu dibicarakan, karena pembagian peran gender ini lebih bersifat pilihan, sehingga kamu dan pasanganmu bisa bekerjasama dengan baik dalam hal kerja publik (mencari nafkah) maupun kerja domestik untuk tugas-tugas dalam rumah tangga.
  3. Perlu juga untuk mendiskusikan bagaimana cara mendidik anak, untuk menghindari perbedaan sudut pandang mengenai cara mendidik anak diantara kamu dan pasanganmu kelak. Agar kedepannya bisa berkompromi untuk membesarkan anak.
  4. Buat rencana jangka penek dan jangka panjang dalam perjalanan pernikahan, misalnya di tahun pertama harus mencapai apa dan untuk 5 sampai 10 tahun kedepan target apa yang harus dicapai. Agar kehidupan pernikahanmu lebih terarah.
  • Meminta Restu dari Orangtua

Walaupun kamu dan pasanganmu yang akan menjalani pernikahan, meminta restu dari orang tua merupakan hal penting juga. Karena pernikahan sejatinya bukan hanya sekedar penyatuan dua insan yang saling mencintai, namun juga merupakan penyatuan dua keluarga. Meminta restu orang tua sebagai wujud rasa hormat dan berterimakasih atas segala pengorbanan yang telah diberikan untuk membesarkan kamu, sehingga kamu bisa di titik untuk siap membangun rumah tangga. Dan berharap dengan restu dari orang tua bisa membawa keberkahan dalam kehidupan rumah tangga.

  • Pengecekan Kesehatan (pre marital check-up)

Pre Marital Check-Up merupakan opsi untuk menunjang perencanan kehidupan setelah pernikahan, untuk memastikan status kesehatan kamu dan pasanganmu. Terutama untuk mendeteksi kemungkinan adanya penyakit menular, menahun atau diturunkan yang dapat mempengaruhi kesuburan kamu dan pasanganmu maupun untuk kesehatan janin kelak. Jadi, ketika teridentifikasi ada masalah kesehatan yang bisa mengganggu reproduksi, bisa dilakukan pengobatan terlebih dahulu.

  • Mempersiapkan penyelenggaraan pernikahan

Dalam penyelenggaran pernikahan yang pertama adalah diskusikan terlebih dahulu tanggal pernikahan dan budget yang kamu dan pasanganmu sepakati. Setelah tanggal dan budget untuk pernikahan sudah disepakati, maka selanjutnya adalah diskusikan konsep pernikahan. Dan list keperluan apa saja yang harus disiapkan untuk pernikahan misalnya :

  1. Persiapan administrasi untuk pendaftaran pernikahan
  2. Tempat pernikahan / tenda pernikahan
  3. Catering
  4. Busana pengantin
  5. Dekorasi
  6. Mas Kawin
  7. Kartu undangan
  8. Souvenir
  9. Dokumentasi / fotografi

Itulah delapan tips mengenai hal-hal yang perlu kamu persiapkan sebelum memutuskan untuk menikah. Pikirkan matang – matang sebelum memutuskan hal besar yang akan kamu jalani sebagai masa depanmu dan ingat, menikahlah ketika kamu siap, bukan menikah karena ikut-ikutan yaa. Gimana nih, sudah siap belum?

WUJUDKAN CINCIN IMPIANMU BERSAMA NAWWIS

Proses Cepat - Design Custom - Harga Terjangkau - Bahan Berkualitas

081-2367-8080

Bagikan Artikel ini

Leave a Reply