FAKTOR PENTING SEBELUM PERNIKAHAN

FAKTOR PENTING SEBELUM PERNIKAHAN

  • Post category:Artikel

“Ingatlah bahwa pernikahan yang berhasil tergantung pada dua hal. Pertama, menemukan orang yang tepat. Kedua, menjadi orang yang tepat.” Tom Mullen. Menikah bukan berarti menyelesaikan satu masalah, justru setelah menikah kita harus mempersiapkan diri untuk menghadapi masalah-masalah baru lagi. Pernikahan seyogyanya adalah sebuah upacara yang bernilai sakral bagi setiap insan. Terlepas dari bagaimana cara kedua pasangan merealisasikannya. Di Indonesia sendiri, realisasi dari sebuah acara pernikahan dapat dikemas dengan cara adat, militer dan agama. Namun, tetap saja tidak merubah esensi sakral dari prosesi tersebut. Baik secara adat, militer maupun agama, pernikahan tetaplah sebagai sebuah jalan dalam menyatukan kedua belah visi, misi, dan bahkan karakter dari dua keluarga yang berbeda. Kutipan diatas adalah salah satu gambaran sederhana dalam memahami makna penting dari sebuah pernikahan layaknya sebuah upacara pada umumnya, yang pastinya memiliki kadar kesucian tinggi. Terlebih, dalam perihal pernikahan itu sendiri. Tentunya, dua hati yang terpaut dan mantap untuk melangsungkan pernikahan pasti ingin memiliki momen terbaik sekali seumur hidup. Memantapkan hati dalam mengajak pasangan menuju pelaminan sama rumitnya dengan mengiyakan ajakan pasangan untuk kemudian bersatu dalam ikatan baru yang disebut keluarga. Pernikahan dengan suasana yang indah adalah sebuah impian mutlak bagi setiap pasangan. Indah dalam sudut pandang yang berbeda-beda dari setiap pasangan. Pernikahan dapat diibaratkan sebagai sebuah alur nyata dari sebuah film. Menyampaikan narasi di awal, beradu peran di kemudiannya, mengahadirkan air mata dari keluarga dan sahabat, dan berujung pada sebuah akhir yang bahagia. Perihal hati sepasang manusia selalu mempunyai seribu satu cerita. Bertemu dalam nuansa suka, saling mengenal dalam romansa cinta, dan menua bersama dalam balutan ikatan bernama keluarga adalah sisi manis dari sebuah pernikahan itu sendiri. Sisi manis yang selalu menjadi dambaan setiap pasangan yang terikat oleh cincin dan janji suci kala diucapkan pertama kali.

Tanggung jawab yang dibangun setelahnya juga tak kalah rumitnya, bagaimana sebuah kapal dengan suami sebagai nahkodanya akan sukses berlayar jika penumpang didalamnya yang berisi istri dan anak bisa dan mampu untuk bekerja sama mengendalikan kemudi dari badai yang nantinya bisa menghadang kapan saja. Komunikasi, adalah sebuah hal penting guna menjaga kualitas dan lamanya masa dari jalinan sebuah hubungan, tak terkecuali sebuah pernikahan itu sendiri. Komunikasi yang baik dalam setiap hubungan akan menghadirkan rasa nyaman dan senang  dengan ikatan yang di jalani agar semua terasa baik-baik saja. Komunikasi yang baik tidak hanya berupa dua arah antar pasangan, tapi juga berbentuk 3 arah antara laki-laki, wanita, dan masing-masing keluarganya. Hal ini adalah sebagian dari sebuah konsekuensi yang tidak bisa dihindari dari pernikahan dan penyatuan dua keluarga yang berbeda.

Namun, seperti yang telah dijelaskan di paragraf sebelumnya, bukan berarti biduk dalam berumah tangga selalu berjalan seperti apa yang diinginkan. Terkadang, timbul masalah masalah yang mampu menggoyahkan keyakinan awal dari setiap pasangan dalam menikah. Hal hal seperti inilah yang tentunya menguji sebuah kedewasaan dan kelapangan dari hati dan pikiran dari setiap pasangan itu sendiri dalam menerima, menghadapi, dan menyelesaikan setiap perkaranya masing-masing. Maka dari itu, kali ini perkenankan saya menjelaskan hal hal apa saja yang dapat menimalisir dan mengantisipasi tentang adanya sebuah badai yang nantinya menerjang bahtera rumah tangga. Faktor faktor ini pula yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan bagi setiap pasangan sebelum memantapkan langkahnya menuju pelaminan. Dari kesekian faktor faktor yang ada, terangkum 3 faktor yang terpenting. Faktor faktor tersebut diantaranya:

  • Persiapan Mental

Mental untuk menyiapkan kehidupan yang baru setelah menikah, karena setelah menikah nanti bukan hanya diri sendiri yang di pikirkan. Tetapi ada suami/istri dan bahkan juga hadirnya si buah hati yang juga harus di pikirkan. Bagaimana setiap individu yang terlibat didalamnya mampu mengesampingkan ego masing masingnya demi kebahagian dalam sebuah keluarga.

  • Komitmen

Komitmen adalah hal sederhana yang diucapkan, namun seringkali berat dalam menjaganya. Kehidupan rumah tangga dan langgengnya pernikahan ditentukan dari tekad teguh dari setiap pasangan dalam menjalankan komitmen yang telah disepakati bersama. Tak jarang, banyak pula kehidupan rumah tangga pasca pernikahan yang kemudian berantakan dengan mengabaikan sebuah komitmen.

  • Bertanggung Jawab

Sudah semestinya dalam berumah tangga, akan ada pembagian hak dan kewajiban antar suami dan istri. Tanggung jawab yang diemban pun juga memiliki porsi setara dan seimbang. Sebagai contoh, suami sebagai kepala rumah tangga sudah tentu memiliki tanggung jawab dalam menafkahi keluarga baik secara lahir maupun batin. Sebagai istri, contoh lain dari tanggung jawab yang dapat diambil adalah berupa memberi dukungan moral apabila sedang diterpa cobaan dalam sebuah keluarga.

Pernikahan yang utuh dan sempurna akan dicapai apabila ketiga faktor diatas dijalankan dengan sangat baik dan tanpa dihilangkan salah satunya. Sempurnanya sebuah pernikahan akan semakin terasa lengkap dengan menghadirkan sebuah pesta indah yang nantinya dapat dikenang seumur hidup. Pemilihan wedding organizer yang tepat misalnya. Pernikahan adalah ikatan lahir dan batin antara seorang laki-laki dengan seorang perempuan sebagai sepasang suami istri dengan membentuk sebuah keluarga kecil yang bahagia. Pernikahan merupakan sebuah ikatan suci yang sakral untuk mengikat hubungan antara perempuan dengan laki-laki. Pernikahan yang harmonis tentunya pernikahan yang di dambakan oleh semua sepasang suami istri. Menikah bukan lah suatu masalah yang sepele atau suatu hal yang biasa. Ada banyak sekali tanggung jawab yang harus kita jalani setelah menikah. Bukan hanya untuk kesenangan atau kenikmatan sementara, tetapi proses-proses dalam membina sebuah keluarga yang baik sangat lah penting untuk sebuah pernikahan.

WUJUDKAN CINCIN IMPIANMU BERSAMA NAWWIS

Proses Cepat - Design Custom - Harga Terjangkau - Bahan Berkualitas

081-2367-8080

Bagikan Artikel ini

Leave a Reply