Produsen Cincin Kawin Surabaya - Malang - Samarinda - Semarang
Buka Setiap Hari Jam 12.00 - 20.00
Artikel

Arti Janur Kuning Melengkung

Diposting oleh : : - Waktu Baca 2 menit

Adat jawa memiliki kepercayaan khusus terhadap sejumlah kebiasan turun-temurun dari nenek moyang. Janur kuning merupakan salah satu warisan budaya atau adat-istiadat yang sampai saat ini masih dipercaya sejumlah masyarakat yang akan menggelar pernikahan. Arti janur kuning pun sarat akan makna sebuah simbol kebudayaan. “Tenang saja selama jalur kuning belum melengkung” merupakan ungkapan peribahasa yang ditujukan kepada seseorang yang sedang mengharapkan dapat menjadi jodoh dari seseorang.

Arti Janur Kuning Melengkung

Mengutip buku Tanaman Kultural dalam Perspektik Adat Jawa dalam Aspek Kajian Filosofi karya Purnomo (63:2013), secara linguistik kata janur kuning berasal dari kata jan yang diartikan jannah. Jannah adalah kata Bahasa Arab yang berarti surga, nur artinya cahaya dan ning berarti wening artinya suci.

Jadi janur kuning dapat diartikan juga bahwa manusia dalam menanggapi tujuan yang suci harus niat karena Allah SWT.

Janur kuning dijadikan simbol harapan akan diberi rumah tangga yang indah. Tata cara menata janur kuning ialah, tidak boleh digunting jadi cukup di suwir-suwir, sebagai simbol agar pernikahan yang akan dijalani meski akan ditimpa berbagai persoalan sampai perasaannya seperti di suwir-suwir, pasangan suami istri harus tetap tabah menjalani kehidupan rumah tangga.

Jadi dapat disimpulkan, arti janur kuning melengkung adalah seseorang telah memutuskan dirinya untuk berumah tangga atau bersama dalam hubungan yang diberkahi oleh Tuhan dalam sebuah ikatan kasih sayang yang suci. Sumber info : kumparan.com

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *