10 Hal Penting Dibicarakan ke Pasangan Sebelum Menikah

10 Hal Penting Dibicarakan ke Pasangan Sebelum Menikah

  • Post category:Artikel

Memilih pacar bisa dikatakan lebih mudah dari pada memilih calon pasangan hidup. Jika memilih pacar sering dengan perasaan cinta yang emosional, fisik, atau uang. Tidak demikian untuk memilih calon pasangan hidup. Selain dengan keyakinan pertimbangan rasional perlu agar nantinya dapat menghadapi persoalan-persoalan yang mungkin terjadi ketika sudah berumah tangga karena banyak sekali kegagalan yang terjadi pada rumah tangga yang persiapannya minim.

  • Bicarakan pendapatan, tanggungan, dan hutang masing-masing setiap pribadi

Masalah keuangan penting dibicarakan dengan pasangan kita, karena uang adalah bagian vital dalam sebuah pernikahan, hanya karena uang bisa menjadi sumber masalah dalam pernikahan sehingga menuju perceraian. Maka dari itu mulailah membicarakan hal tersebut kepada pasangan karena bagaimanapun komunikasi yang terjalin baik, terbuka serta lancar antar pasangan tentang keuangan akan membantu pernikahan kelak menjadi harmonis dan lebih kuat.

  • Tentukan siapa yang akan mengelola keuangan setelah menikah beserta caranya

Jika sudah berumah tangga tentukan terlebih dahulu siapa yang akan mengelola keuangannya serta bagaimana mengelola keuangan tersebut, apakah banyak pos keuangan, mengambil asuransi, melakukan investasi, jika suami istri sama-sama kerja pendapatan masing-masing mau dikemanakan, dan yang membayar keperluan rumah juga harus di bicarakan dengan pasangan.

  • Setelah menikah akan tinggal dimana

Ada baiknya jika pasangan mulai memikirkan perihal tempat tinggal sebelum menikah, karena terkadang ada pasangan yang masih ingin tinggal dengan orangtuanya meskipun mereka sudah menikah biasanya bila pengantin wanita adalah anak bungsu karena orang tuanya yang masih sulit melepas anak perempuan kesayangannya, tetapi ada juga yang berniat untuk hidup mandiri tanpa campur tangan orang tuanya. Hal tersebut harus dibicarakan dengan pasangan agar tidak terjadi pertengkaran nantinya.

  • Rencana setelah menikah

Setiap pasangan harus punya rencana setalah menikah dan memikirkan apa yang perlu didahulukan, seperti setelah menikah apakah mobil menjadi hal utama yang harus di dahulukan, atau membuka usaha kecil-kecilan terlebih dahulu agar terkumpul biaya yang nantiya akan digunakan pada saat terjadi hal yang tidak diinginkan, serta memikirkan keturunan terlebih dahulu atau menunda agar dipersiapkan dengan matang.

  • Terbuka satu sama lain tentang tujuan dan cita-cita kedepan

Membicarakan soal cita-cita serta tujuan kedepan bersama yang mau diwujudkan, seperti ingin membeli rumah untuk orangtua atau memberi hal yang tidak pernah didapatkan oleh orangtua selama ini. Sebagai rasa terimakasih kepada mereka karena telah memberikan yang terbaik untuk kita.

  • Diskusikan tentang rencana peran masing-masing pribadi setelah menikah

Jika sudah menikah apakah tetap akan fokus dengan kerjaan masing-masing, apakah mengalah salah satu untuk mengurus rumah tangga dan berhenti berkerja, atau semua ikut andil dalam bekerja. Serta memikirkan siapa yang mengurus rumah, atau salah satu pasangan masih ada yang merasa keberatan karena harus dikesampingkan mimpinya untuk mengurus rumah tangga. Hal tersebut harus dibicarakan dengan pasangan agar rumah tangganya tertata dengan baik.

  • Diskusikan cara mendidik anak

Hampir setiap orang sesungguhnya memiliki pandangan cara mengurus anak yang berbeda dengan psangan mereka. Cara mendidik anak ini seringkali menjadi konflik yang menyebabkan ketegangan dalam rumah tangga, posisi anak pula bisa menjadi bingung melihat perbedaan cara mendidiknya. Jika hal tersebut dibicarakan dengan pasangan kita dan kita sebagai orangtua mempersiapkannya dengan baik maka anak akan mempunyai gambaran yang luas tentang nilai-nilai tertentu, serta membangun ikatan khusus dengan ayah dan ibunya.

  • Utarakan satu sama lain tentang masalalu

Bicarakan masa lalu kita kepada pasangan karena setiap orang memiliki masa lalu dalam hidupnya baik itu masa lalu yang indah atau masa lalu yang kelam, saat memustuskan untuk menikah harusnya mereka saling mengungkapkan masala lalu mereka, jangan sampai setelah menikah masih ada salah satu pasangan kita yang belum menyelesaikan masalahnya dengan mantan pacarnya. Hal tersebut dapat memicu keretakan pada rumah tangga serta timbul rasa tidak percaya terhadap pasangan.

  • Membicarakan rencana tentang anak

Bicarakan kepada pasangan kita jika setelah menikah apakah ingin cepat punya anak atau ingin menundanya dahulu, harus direncanakan juga ingin memiliki berapa anak serta biaya yang nantinya akan di perlukan untuk sehari harinya serta dana pendidikan yang akan dibuat kepedan dari kecil hingga dewasa.

  1. Terbuka satu sama lain

Salah satu hal yang sangat penting dari semua poin yaitu kepercayaan serta terbuka satu sama lain jika salah satu dari pasangan berbohong atau menyembunyikan sesuatu akan berakibat buruk untuk kedepannya. Maka dari itu saling terbuka dan saling percaya satu sama lain agar tercipta rumah tangga yang harmonis.

Semua hal tersebut penting dibicarakan dengan pasangan kita jangan malu memulai untuk membicarakan hal yang terlihat sepele dan menakutkan akan tetapi hal ini sangat penting untuk didiskusikan agar menjadi rumah tangga yang tentram serta tertata dengan baik.

WUJUDKAN CINCIN IMPIANMU BERSAMA NAWWIS

Proses Cepat - Design Custom - Harga Terjangkau - Bahan Berkualitas

081-2367-8080

Bagikan Artikel ini

Leave a Reply